13 October, 2012

iPhoneku Hilang...

2 September 2012 :
there was something bad happened to me.
my iPhone 4 was stolen !!!

dunia sungguh kejam memang..
salah gw sih, kurang hati-hati. gw pikir di UK itu lebih aman daripada di Indo, jadi gw dengan cueknya ngegantung iPhone di leher pake tali doang.

kejadiannya hari minggu, pulang dari gereja, sekitar jam 1 siang.
pulang gereja gw mampir ke Tesco Supermarket buat belanja mingguan dan hasilnya adalah 3 kantong plastik yang berat banget. jalan kaki doang, karena flat tempat gw tinggal deket sama Tesco. tapi emang disini kalo hari minggu lebih sepi dari hari-hari biasa, mungkin orang-orang pada stay dirumah aja kali ya, atau ngumpul di shopping centre.

pas gw lagi jalan kaki sambil nenteng 3 kantong belanjaan, ada cowok African (item) naik sepeda dateng dari arah yang berlawanan dan ngelewatin gw. mungkin karena dia liat ada iphone gantung dileher gw, dia balik arah dan berusaha bikin gw berhenti dengan cara kayak mau nabrak gw gitu. begitu gw berhenti, dia langsung ngejambret iphonenya, cepet banget cuma sekali tarik doang. gw nya sendiri baik-baik aja, gak ada luka sama sekali, bahkan tali iphonenya masih utuh. gw langsung teriak minta tolong, tapi ya percuma ga ada orang juga. langsung pulang trus nangis karna syok. untung masih punya handphone satu lagi buat ngabarin ke orang tua.

trus gw sambil mikir sekarang apa yang harus dilakuin. akhirnya gw browsing nyari nomor telfon polisi, gw telfon dan lapor kehilangan, tapi katanya suruh telfon providernya dulu. akhirnya gw nelfon provider sim cardnya dan akhirnya nomor handphone dan IMEI iphonenya langsung diblock sama mereka. abis itu gw telfon polisi lagi buat laporin kronologisnya.

ternyata kalo di UK, setiap smartphone yang IMEI nya udah diblocked gak akan bisa dipake buat telfon atau internetan lagi. paling cuma bisa gunain fungsi standar aja kayak kamera dan musik. tapi namanya maling lebih canggih daripada polisi, tetep aja ada cara buat replace IMEI lama dengan IMEI baru.

setelah mencoba menenangkan diri, gw browsing lagi gimana caranya supaya iphonenya bisa ketemu. terus baru sadar kalo gw pake aplikasi find my iphone yang bisa ngetrace lokasi iphone selama terhubung dengan internet. tapi sayangnya karna gw udah keburu minta blocked IMEI, jadi cuma bisa tau lokasi terakhir doang, dan gw juga udah gak bisa lagi remote wipe data-data di iphone. huhuhu..

2 jam setelah gw lapor polisi, ternyata ada 2 polisi cewek nyamperin ke kamar gw dan minta gw ceritain lagi kronologisnya. malah diajak ke kantor polisi segala buat bikin surat keterangan saksi. ckckck, sumpah yaa seumur-umur gw di Indo gak pernah berurusan sama polisi, malah sekarang disini berurusan sama polisi segala. sangat menguras waktu, emosi dan tenaga. T_T

besoknya, si polisi ngasitau katanya mereka udah nangkep seseorang, dan minta gw ke kantor polisi lagi untuk liat video beberapa orang yang kira-kira sesuai dengan kriteria yg gw sebutin kemarin, apakah orang yang mereka tangkap itu betul pelakunya atau bukan. beneran kaya di film-film dahh.. hahaha..

tapi ya nasib deh, entah karena gw salah inget mukanya si pelaku, atau mereka yang salah tangkep, tetep aja iphonenya gak bisa balik. relain aja deh, yang penting gw nya sendiri selamat.. biar Tuhan yang bales perbuatannya, dan kejadian ini juga jadi pelajaran buat gw untuk lebih hati-hati dimanapun itu, karena selalu ada orang jahat dimana-mana.

No comments: